Pada artikel sebelumnya telah diuraikan mengenai perbedaan sertifikat tanah konvesional dan sertifikat tanah elektronik. Meskipun pemberlakuan sertifikat tanah elektronik efektif dimulai pada tahun 2021 ini dan masih di prioritaskan pada dua area yaitu Jakarta dan Surabaya, pada kenyataannya saat ini masih secara aktif disosialisasikan melalui forum online untuk mengedukasi masyarakat agar tidak gagal paham mengenai regulasi baru tersebut.

Adapun dengan adanya regulasi baru ini, tidaklah berarti bahwa sertifikat tanah konvesional tidak valid lagi, melainkan keberadaan sertifikat tanah konvensional masih tetap berlaku dan tidak akan ditarik sekaligus, karena pemberlakuan sertifikat tanah elektronik dilakukan secara bertahap. Beberapa developer di kedua area yaitu Jakarta dan Surabaya yang menjadi fokus utama peralihan dikarenakan secara infrastruktur lebih mendukung dan menunggu momen yang tepat untuk eksekusinya.

Baik hal itu menyangkut sertifikat konvensional (analog) maupun sertifikat elektronik (digital), yang paling penting bagi Anda adalah memastikan developer mana yang Anda percayakan dalam merealisasikan dokumen properti yang Anda beli tersebut. Hal ini untuk meminimalisir oknum penipuan dari developer fiktif yang cukup marak beberapa tahun ini, baik untuk pengembang properti rumah subsidi, rumah komersial maupun rumah syariah tidak lepas dari modus penipuan yang semakin masif karena minimnya pihak konsumen dalam mengali informasi dan kurangnya prinsip kehati-hatian dalam memilih developer yang kredible dan amanah.

PT. Shafwah Royal Properti merupakan developer properti yang memiliki reputasi baik dengan komitmen penuh dalam penyelesaian proyek-proyek perumahannya yang telah meluas di daerah Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat dan NTT.  Karenanya percayakan pembelian properti dan dokumen atas tanah dan bangunan yang Anda beli tersebut pada developer Shafwah.

Pada tahap awal Anda dapat menelusuri informasi yang relevan dan faktual mengenai developer PT. Shafwah Royal Properti pada situs https://shafwahproperti.id atau datang langsung ke kantor pemasaran yang terdekat dengan kota Anda tinggal.

  Berikut ini akan diulas secara ringkas mengenai keunggulan dan kelemahan sertifikat tanah elektronik guna menambah wawasan bagi Anda sebagai konsumen properti residensial, sehingga mendapat pemahaman yang memadai dari informasi tentang sertifikat properti elektronik (digital) ini yaitu sebagai berikut:

Keunggulan Sertifikat ElektronikKelemahan Sertifikat Elektronik
Keamanan Data Sertifikat Lebih Terjamin
Kelengkapan Data Sertifikat Lebih Terjamin
Mengurangi Potensi Kehilangan Akibat Force Majeure
Kemudahan Dalam Proses Transaksi Jual Beli Properti Bagi Pihak Penjual (Developer)
Kemudahan Dalam Proses Transaksi Jual Beli Properti Bagi Pihak Notaris
Memberikan Aspek Kepraktisan Dalam Penyimpanan, karena Anda cukup mengaksesnya secara online
Lebih Minim Biaya Karena Penyimpanannya secara Online sehingga tidak memerlukan brankas atau safe deposit box (SDB)
Memerlukan Kata Sandi (Password) Untuk Mengaksesnya
Peluang Berpindah Tangan Lebih Terbuka Jika Perangkat Password diketahui pihak lain
Bagi Orang Awan Sertifikat Properti Elektronik Lebih Mudah dimanipulasi, karenanya harus di verifikasi ke pusat data BPN
Potensi Sertifikat Properti Elektronik yang mudah hilang tetap ada jika ada pihak yang tidak bertanggung jawab berhasil menjebol dan mencuri data Anda
Akses sertifikat properti elektronik meyulitkan bagi pihak yang masih gaptek

Point-point yang telah disebutkan diatas merupakan keunggulan dan kelemahan dari sertifikat tanah elektronik. Ada hal positif dari adanya regulasi baru tersebut, namun tetap ada bahaya yang mengintai Anda jika tidak berhati-hari dalam hal menjaga kode akses (password) atau bahkan lupa password. Akan tetapi dengan adanya kebijakan sertifikat elektronik tersebut, diharapkan Anda dapat menyesuaikan dengan preferensi Anda saat ini, sambil meng-upgrade wawasan dan skill Anda dalam mengikuti kemajuan dunia digital online yang tidak dapat terhindarkan dengan adanya tuntutan zaman.

Semoga bermanfaat.


Shafwah Royal Property

Shafwah Royal Property

Pengembang Ruko & Perumahan Subsidi/Non Subsidi · Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Pelaihari, Ponorogo dan Kupang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *