Di saat Anda berencana membeli rumah, tentunya tidak hanya mengandalkan brosur, site plan, price list dan beberapa penawaran menarik seperti discount, cash back, free PPN, BPHTB dan lain sebagainya yang telah disampaikan oleh pihak marketing perumahan saja. Sadarilah, bahwa  yang Anda beli bukan hanya yang tertera pada brosur dan hal-hal yang telah disebutkan diatas, namun Anda harus meninjau lokasi perumahan yang ingin dibeli untuk memastikan real atau tidaknya proyek perumahan tersebut, misalnya, melihat progress pengurukan lahan perumahan, ketersediaan rumah contoh, material bahan bangunan yang tersedia dilokasi, dan beberapa hal penting lainnya yang dapat Anda pelajari dan gali informasi saat berada dilokasi.

Berikut beberapa aspek penting yang akan diuraikan dalam artikel ini dari tujuan survey lokasi sebelum membeli properti hunian (rumah) sebagai referensi bagi Anda agar tidak melewatkan momen observasi ini sebagai prinsip kehati-hatian sebelum memutuskan membeli aset rumah demi kebaikan kedepannya, yaitu:

  1. Survey Lokasi Membantu Anda Mengetahui Jarak, Kondisi Medan dan Akses Lokasi

Dengan mengetahui jarak tempuh ke lokasi, Anda dapat memprediksi seberapa jauhnya lokasi rumah tersebut dengan pusat kota atau tempat kerja Anda, kemudian kondisi medan yang Anda lalui akan memberikan informasi apakah cukup prospek untuk mendukung ritme aktivitas keseharian atau justru menyulitkan Anda dalam beraktivitas, dan akses menuju lokasi yang Anda pelajari, apakah memberikan kemudahan atau terlalu terpencil (pelosok) hingga memerlukan daya dukung baik secara teknis maupun materi untuk dapat menjangkaunya.

  • Survey Lokasi Membantu Anda Melihat Secara Riil akan Luas Tanah dan Bangunan Rumah

Luas tanah adalah luas lahan dimana sebuah bangunan berdiri, sedangkan luas bangunan adalah luas keseluruhan bangunan yang berdiri diatas lahan. Melalui observasi Anda tidak akan bingung, karena jika dalam brosur luas banguan lebih besar dari luas tanah, maka artinya rumah tersebut peningkatan keatas (tingkat 2).

  • Survey Lokasi Membantu Anda Membaca Probabilitas Magnet Lokasi di sekitar Properti

Perumahan yang memiliki daya tarik dari sisi keunggulan terutama “Lokasi“ akan memberikan magnet dalam supply dan demand terhadap properti disekitarnya, sehingga perkembangan infrastruktur didaerah tersebut akan lebih menjanjikan untuk investasi dan aset masa depan.

  • Survey Lokasi Membantu Anda Menginventarisir Fasilitas Umum / Khusus di Sekitar Lokasi

Melihat langsung ketersediaan fasilitas umum termasuk fasilitas yang ditawarkan developer dalam hal sarana dan fasilitas bagi warga perumahan seperti, tempat ibadah, taman, dan lain sebagainya akan menjadi parameter bagi Anda bahwa rumah yang Anda inginkan pada lokasi tersebut layak didapatkan.

  • Survey Lokasi Membantu Anda Memproyeksikan Kondisi Lingkungan Sekitar Perumahan

Penting bagi Anda untuk memperhatikan lingkungan di sekitar perumahan yang akan Anda beli, baik dalam segi keamanan, kenyamanan, layout properti hunian, dan kemungkinan yang timbul dari potensi bencana seperti, banjir dan rawan longsor.

  • Survey Lokasi Membantu Anda Menemukan Arah Hadap Rumah yang Anda Inginkan

Melalui peninjauan langsung ke lokasi perumahan, maka Anda dapat lebih leluasa dan mantap dalam menentukan arah hadap rumah yang ideal bagi Anda.

Adapun dalam hal ini terdapat 4 pengaruh arah hadap rumah bagi fisik rumah itu sendiri dan juga kenyamanan bagi penghuninya yaitu:

  • Rumah Hadap Arah Utara

Rumah yang menghadap arah utara akan terasa sejuk, karena mendapat sinar matahari dari samping rumah secara merata serta tidak terpapar langsung oleh sinar matahari dari arah depan dan belakang

  • Rumah Hadap Arah Timur

Rumah yang menghadap arah timur akan mendapat sinar matahari di pagi hari dan akan berangsur-angsur sejuk pada bagian depan rumah seiring menjelang siang hari.

  • Rumah Hadap Arah Selatan

Rumah yang menghadapo arah selatan memiliki karakteristik yang sama dengan rumah yang memghadap arah utara, karena keduanya sama-sama terasa sejuk sebagai dampak dari paparan sinar matahari hanya dari samping saja

  • Rumah Hadap Arah Barat

Rumah yang menghadap arah barat akan mendapatkan intensitas paparan sinar matahari dari siang hingga sore secara intense, dan tidak akan menerima paparan sinar matahari pagi (terbit) secara langsung.

  • Survey Lokasi Membantu Anda Menemukan Komitmen dari Developer terhadap proyeknya

Komitmen developer dapat Anda cermati dengan seksama jika Anda terjun ke lokasi proyek karena dapat melihat langsung prosentase progress pembangunan yang dijalankan pihak pengembang sehingga dapat mengurangi rasa was-was apabila developer wanprestasi dalam penggarapan perumahan yang telah dijanjikannya.

Itulah 7 aspek penting dari tujuan survey lokasi sebelum membeli properti hunian (rumah), semoga paparan diatas dapat memberikan gambaran umum yang cukup membantu Anda untuk melihat seberapa manfaat yang dapat dipetik jika Anda menjalankannya.

Categories: Info Shafwah

Shafwah Royal Property

Shafwah Royal Property

Pengembang Ruko & Perumahan Subsidi/Non Subsidi · Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Pelaihari, Ponorogo dan Kupang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *