Pada masa pandemi saat ini, sebagian besar orang mengalami berbagai kesulitan, gangguan dan kemunduran dalam beragam aspek kehidupan, tidak hanya kerugian dalam segi ekonomi, kesulitan finansial akibat kehilangan pekerjaan, gangguan kesehatan, keterbatasan dalam melakukan kegiatan ibadah, kemunduran mental karena terputusnya relasi sosial dan harus menjalani masa karantina akibat terpapar virus sehingga merasa terisolir serta adanya labelling dari masyarakat akan ketakutan yang berlebihan karena kurangnya pemahaman dan edukasi yang benar tentang covid-19. Situasi ini mungkin membuat Anda lelah dan kecil hati, namun sebagai generasi millenial penerus harapan bangsa tidak sepatutnya kehilangan arah dalam merencanakan masa depan yang lebih baik, justru masih tersedia peluang untuk mewujudkan impian memiliki properti hunian meskipun dimasa pandemi.

Bagi kaum millenial yang kurang mengikuti perkembangan ekonomi di sektor properti, entah karena kesibukan rutinitas harian ataupun hal lainnya, maka saat ini Anda perlu menggali informasi lebih intens bahwa di masa pandemi ini meyebabkan kinerja harga saham terganggu dan nilai tukar rupiah menurun, sehingga properti menjadi alternatif investasi yang cukup mengemuka dan menjadi indikator agar generasi millenia lebih proaktif untuk mengalokasikan pilihan investasinya di segmen properti.

Dalam artikel ini akan dikemukakan alasan penting yang dapat membantu kaum millenial untuk menyegerakan membeli properti di masa pandemi agar tidak kehilangan momen guna merencanakan masa depan secara lebih baik, yaitu : 

  1. Investasi Properti Beresiko Rendah

Investasi properti menjadi primadona karena meskipun merupakan aset yang kurang likuid namun harganya selalu mengalami kenaikan yang signifikan dan memiliki daya tahan terhadap inflasi. Kondisi ini membuat para investor cenderung melirik bisnis properti dan menjadi pilihan aman karena nilainya yang konsisten meningkat setiap tahunnya, sehingga termasuk aset yang memiliki resiko rendah terhadap fluktuatif kondisi ekonomi global.

  • Harga Properti di Masa Pandemi cenderung mengalami koreksi

Di masa pandemi ini menyebabkan sejumlah pihak pengembang (developer) properti menawarkan banyak promo melalui DP ringan, discount hingga 20% atau lebih, cash back, bonus full perabot, free PPN, BPHTB, IMB, AJB, Biaya Notaris dan lain sebagainya. Ini menjadi peluang yang menjanjikan bagi kaum millenial yang masih memiliki dana terbatas untuk mengakomodir biaya-biaya tersebut diatas

  • Memberikan Kesadaran akan Nilai Penting Memiliki Rumah (Hunian) Secara Mandiri

Adanya kondisi yang mengharuskan Anda jaga jarak dan berbagai pembatasan sosial lainnya yang menyebabkan Anda harus lebih banyak menghabiskan waktu beraktivitas di rumah, sudah waktunya membangun kesadaran Anda bahwa rumah  adalah salah satu aset penting yang dapat menjaga Anda dari penyebaran virus Covid-19 ini. Dapat ditegaskan bahwa memiliki rumah adalah hal yang harus dimiliki dalam rencana jangka panjang Anda.

  • Penawaran Harga Properti di Masa Pandemi ini lebih kooperatif (sesuai) dengan kondisi keuangan

Menyiapkan dana untuk membeli properti seperti rumah ibaratnya sama dengan menabung bagi investasi masa depan Anda, baik sebagai hunian pribadi, untuk memperoleh capitai gain atau guna mendapatkan cash flow bagi hari tua Anda. Karenanya, disaat melimpahnya promo yang ditawarkan oleh pihak pengembang (developer) menjadi kesempatan baik yang akan sayang sekali apabila dilewatkan.

  • Kondisi pandemi menyadarkan Anda agar segera memiliki aset dan tidak kehilangan momen investasi

Sadarilah bahwa sebagian besar orang yang suka menunda-nunda membeli properti akan menyesal karena tidak membeli properti tepat waktu. Mereka yang kehilangan momen untuk membeli properti disaat pihak pengembbang (developer) banyak penawaran promo harus bersedia membayar lebih mahal karena harga properti yang cenderung naik terus, DP yang semakin besar, lokasi yang semakin jauh dari pusat kota, ukuran rumah yang lebih kecil dari tahun ke tahun karena keterbatasan lahan sementara penduduk semakin bertambah dan lain sebagainya.

  • Plafon suku bunga bank di masa pandemi ini relatif lebih rendah

Apabila Anda mengambil rumah dengan menggunakan KPR dari Bank, maka pada masa pandemi ini Anda sedang menikmati suku bunga yang relatif rendah. Hal ini disebabkan pemerintah sedang berusaha untuk menstimulus daya ungkit ekonomi, daya beli masyarakat dan konsumsi rumah tangga. Jadi pemberlakuan suku bunga rendah ini bertujuan untuk meningkatkan fundamental ekonomi di berbagai sektor termasuk properti.

  • Pemberlakuan Work From Home seharusnya menjadi indikasi pentingnya memiliki rumah

Adanya opsi work from home selama masa pandemi sudah selayaknya membuat kaum millenial makin sadar akan pentingnya memiliki rumah. Disamping itu cost travelling juga semakin berkurang, sehingga dana tersebut dapat dialihkan untuk investasi properti atau dengan kata lain segera membeli rumah sebagai instrumen bagi perlindungan aset dan fisik bagi Anda dimasa mendatang.

Demikianlah 7 alasan penting bagi generasi millenial untuk membeli properti dimasa pandemi ini dapat membuka mata Anda agar segera mengambil langkah kongkrit guna mewujudkan impian memiliki properti hunian secara masif dan real, jangan hanya berada dibelakang schedule karena Anda akan kehilangan momen yang seharusnya dapat Anda raih saat ini. Semoga bermanfaat.

Categories: Info Shafwah

Shafwah Royal Property

Shafwah Royal Property

Pengembang Ruko & Perumahan Subsidi/Non Subsidi ยท Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Pelaihari, Ponorogo dan Kupang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *