Suatu perencanaan, tentunya memerlukan persiapan serta strategi yang tepat dan konsisten dalam menjalaninya. Hal utama yang paling ditekankan dalam mempersiapkan dana (anggaran) untuk pembelian rumah baik pembelian dengan menggunakan fasilitas KPR subsidi, KPR Syariah atau KPR untuk Rumah Komesial maupun KPR In House melalui Developer Syariah adalah ketersediaan uang muka (down payment) yang tentunya memiliki nilai nominal yang tidak sedikit.

Porsi uang muka (down payment) saat ini berada di plafon 25% hingga 30% dari total harga rumah sedangkan sisanya sudah menjadi angsuran rumah yang wajib diselesaikan pihak pembeli selaku debitur sesuai tenor kredit yang telah ditetapkan dalam akad jual beli. Adapun karena hal tersebut sangatlah disarankan bagi calon pembeli yang ingin mewujudkan pembelian rumah impiannya agar lebih bijak dalam mengalokasikan budget yang dimilikinya  secara terkalkulasi hingga mencapai nominal yang mendukung bagi realisasi biaya-biaya yang timbul saat proses pembelian rumah khususnya jika menggunakan fasilitas kredit.

Berikut tips hemat cara mempersiapkan dana untuk pembelian rumah yang akan dipaparkan dalam artikel ini agar dapat membantu calon pembeli guna mengantisipasi anggaran uang muka dan biaya yang menyertai kelancaran administrasi kredit rumah yang akan diambil nantinya yaitu sebagai berikut :

  1. Konsistenlah dalam mengalokasikan penghasilan (pendapatan) Anda

Putuskan dalam tindakan nyata Anda untuk memulai merencanakan keuangan dengan cara 50% diperuntukan bagi kebutuhan hidup, kemudian 30% dialokasikan untuk tabungan termasuk tabungan untuk mewujudkan rumah impian Anda dan sisanya 20% dapat displit sesuai tujuan Anda, misalnya: 10% untuk dana darurat, 5% untuk proteksi dan 5% untuk investasi.

  • Rutin dalam Mengevaluasi Pengeluaran Anda

Usahakan untuk melakukan pencatatan pada pengeluaran perbulan agar tetap terkontrol dan dapat meminimalisir pemborosan yang tidak perlu. Jadi lakukan pengecekan apakah ada aktivitas konsumtif yang dapat dikurangi untuk dialihkan ke tabungan rumah.

  • Pikirkan konsekuensi yang timbul saat Anda menunda atau membeli sesuatu

Cobalah untuk memberi ruang pada kehidupan berpikir Anda saat memutuskan menunda atau membeli sesuatu, apakah hal tersebut memang penting, mendesak, sesuai kebutuhan atau hanya sekedar keinginan. Ini sangat krusial dampaknya bagi kehidupan keuangan Anda dalam jangka panjang, karena Anda tidak dapat menghindar dari konsekuensinya setelah merealisasi keinginan tersebut.

  • Mulailah membidik pasaran harga rumah yang ingin Anda beli

Pada tahap ini Anda harus mulai berhitung sebagai langkah awal dengan melakukan survey harga dan lokasi rumah terbaru sebagai referensi untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan saat membeli rumah nantinya.

  • Utamakan untuk menyelesaikan tunggakan hutang yang masih ada

Upayakan untuk membayar segala tunggakan hutang yang masih berjalan secara maksimal, misalnya kartu kredit dan lain sebagainya.

  • Buatlah Rekening Khusus untuk rencana Anda membeli Rumah

Dengan melakukan pemisahan rekening khusus untuk membeli rumah, Anda akan terbantu untuk memantau pertumbuhan dana yang telah terkumpul secara masif, karena tidak dicampur-adukkan dengan kebutuhan hidup lainnya.

  • Lakukan perubahan dalam gaya hidup dengan menurunkan gengsi dan hidup hemat

Contohnya: Anda dapat mulai membawa bekal dari rumah saat ke kantor ketimbang membeli makan siang di luar, ini merupakan tindakan efektif dan efisien bagi kesehatan dan arus kas keuangan Anda.

Demikianlah 7 tips hemat tentang bagaimana cara mempersiapkan dana untuk pembelian rumah. Semoga Anda mulai membuat pemetaan yang terencana agar dapat mewujudkan pembelian rumah impian yang Anda idam-idamkan.

Categories: Info Shafwah

Shafwah Royal Property

Shafwah Royal Property

Pengembang Ruko & Perumahan Subsidi/Non Subsidi ยท Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Pelaihari, Ponorogo dan Kupang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *