Pada hakikatnya rahasia kehidupan itu sebenarnya sederhana, yaitu menjadi produktif dengan bekerja cerdas, hidup bersahaja dengan kesederhanaan, dan investasikan sebagian besar untuk masa depan. Demikian pula halnya dengan rumus untuk membangun aset atau kekayaan (asset/wealth building) sebenarnya juga sederhana, yaitu kemampuan untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada yang dibelanjakan dan menginvestasikan selisihnya. Bukankah hal ini sederhana dan mudah dipahami, namun sayangnya tidak semua orang dapat melakukannya.

Berikut beberapa kesalahan umum yang perlu diantisipasi dalam investasi sebagai bekal untuk mewujudkan rencana investasi secara on target dan menghindari behind schedule sehingga penggunaan waktu dalam kehidupan Anda menjadi lebih optimal yaitu sebagai berikut :

  1. Enggan keluar dari zona nyaman sehingga tidak melakukan apa-apa

Meskipun tidak ada jaminan bahwa pasar akan naik setelah Anda mulai berinvestasi, namun yang pasti tanpa melakukan apa-apa dijamin Anda tidak akan memperoleh masa pensiun yang lebih baik karena kurangnya persiapan untuk kemandirian finansial.

  • Terlambat untuk memulai karena kurangnya pengetahuan atau cenderung over thinking

Semakin awal Anda mengeksekusi tindakan untuk mulai berinvestasi, akan semakin baik untuk masa depan Anda.

  • Melakukan investasi sebelum melunasi kartu kredit

Investasi yang dilakukan tidak akan berarti jika pendapatan Anda tergerus untuk membayar bunga kartu kredit, karena beban dari hutang dalam bentuk paylater ini cukup banyak menjerat orang-orang jika tidak bijak dalam menggunakannya.

  • Keliru mengalokasi instrumen investasi jangka pendek

Usahakan menyisihkan dana jangka pendek untuk kebutuhan jangka pendek, karena untuk investasi dipasar modal, pastikan dana ini tidak akan Anda butuhkan setidaknya 3-5 tahun kedepan. Jadi pastikan untuk investasi jangka panjang gunakan instrumen investasi yang memberikan tingkat pengembangan dana yang signifikan untuk mengakomodir kebutuhan hidup di masa mendatang. Sedangkan investasi jangka pendek harus dialokasi untuk rencana jangka pendek sehingga target lebih terarah dalam perencanaan keuangan.

  • Kecenderungan mencari aman sehingga tidak melihat prospek

Apabila Anda masih muda, mayoritas investasi harus di properti dan pasar modal.  Anjuran pada instrumen properti karena dapat memberikan cash flow dan capital gain, sedangkan pada pasar modal karena memiliki waktu yang masih panjang, sehingga investor muda punya kesempatan untuk memanfaatkan setiap koreksi tajam dipasar dan mengambil keuntungan untuk jangka panjang.

  • Tidak memahami profil resiko sehingga terlalu berani berspekulasi

Sadarilah bahwa tidak semua instrumen investasi cocok untuk setiap orang. Kenalilah profil resiko yang cocok dengan pribadi Anda. Meskipun Anda adalah seseorang yang sangat agresif atau berani, hindarilah menempatkan semua dana pada satu saham yang sangat spekulatif.

  • Terjebak mengikuti psikologis pasar dengan kuantitas switching yang meningkat dalam bertransaksi karena kepanikan yang mendominasi dalam pengambilan keputusan

Investor yang terlalu sering trading cenderung terjebak dengan psikologis pasar sehingga menjual ketika harga rendah dan membeli ketika harga tinggi. Justru hal tersebut selain menambah biaya investasi, investor yang sering trading menjadi kehilangan potensi keuntungan jangka panjang. Jadi apabila kondisi sedang tidak kondusif pelajari dulu dengan seksama potensi kedepannya, jangan mengambil keputusan karena panik,

Dengan langkah-langkah tersebut diatas dapat menjadi indikator dan memperlihatkan blind area yang mungkin tidak disadari seseorang dalam berinvestasi. Jadi mulai hari ini tetapkan dalam hati dan pikiran Anda: “ Tingkatkan pendapatan Anda, minimalisir pengeluaran Anda, dan investasikan selisih yang ada. Mulailah sedini mungkin dan lihatlah bagaimana uang bekerja untuk Anda”. Semoga bermanfaat.

Categories: Info Shafwah

Shafwah Royal Property

Shafwah Royal Property

Pengembang Ruko & Perumahan Subsidi/Non Subsidi · Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Pelaihari, Ponorogo dan Kupang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *