Pada prinsipnya memiliki wawasan dalam disiplin ilmu berinvestasi memang sangat diperlukan, namun perlu diimbangi dengan kecerdasan finansial dan emosional  juga tidak kalah pentingnya saat ini, dan senantiasa menstimulus dorongan  seseorang agar belajar lebih banyak tentang investasi akan sangat berguna, karena bidang investasi merupakan salah satu sumber yang paling dominan yang dapat membuat seseorang berada pada posisi kebebasan finansial.

Langkah-langkah yang harus dilakukan dan dikembangkan seseorang sebelum berinvestasi adalah sebagai berikut :

  1. Berupaya menyegerakan agar hutang konsumtif terbayar, sebab hutang akan berlipat ganda karena berakumulasi  dan menjerat kantong dan dana secara signifikan.
  2. Memastikan diri terproteksi dengan asuransi, karena asuransi sangat penting untuk melindungi diri dan keluarga dari peristiwa yang tidak terduga yang dapat memberikan dampak frontal dan negatif terhadap rencana keuangan, seperti biaya pengobatan, kematian tulang punggung keluarga (pencari nafkah). Pada prinsipnya asuransi dialokasikan sebagai pengalih resiko terhadap ketidakpastian hidup dari peristiwa yang tidak diinginkan.
  3. Persiapkan dana darurat atau taktis untuk keperluan mendadak
  4. Alokasi secara konsisten dana pensiun (purnakarya) dari penghasilan yang diterima setiap bulannya
  5. Sisihkan dana dengan bijak untuk pengeluaran rutin bulanan seperti makanan, transportasi, pendidikan dan lain-lain.

Semakin besar dana yang disisihkan untuk investasi maka akan semakin baik, dengan target 10% dari pendapatan. Namun pada prinsipnya besar atau kecilnya persentase tidak menjadi masalah asalkan bisa berinvestasi secara rutin. Tetaplah flexible untuk hal ini, yang penting jangan sampai investasi menghentikan kegiatan yang positif yang sedang ditekuni. Letakkan diri diatas investasi dan jadikan investasi sebagai aktivitas yang menyenangkan dan memberi  sinergi bagi kemajuan hidup yang lebih menjanjikan di masa depan.

Categories: Info Shafwah

Shafwah Royal Property

Shafwah Royal Property

Pengembang Ruko & Perumahan Subsidi/Non Subsidi · Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Pelaihari, Ponorogo dan Kupang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *